Halaman

Kamis, 30 Mei 2013

Metode Tanya Jawab

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Proses belajar mengajar merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dalam suatu pengajaran untuk mewujudkan tujuan yang ditetapkan berbagai pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Namun permasalan yang sering kali dijumpai dalam Metode Tanya Jawab adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada peserta didik secara baik, sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efesien, serta sering ditemukan murangnya pemahaman pengajar terhadap penerapan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang metode Tanya jawab dan apa-apa yang terkandung didalamnya beserta penerapannya yang mana metode ini merupaka salah satu metode yang bisa diapaki untuk mewujudkan tujuan tersebut. B. Rumusan Masalah 1. Apa pengertian metode Tanya Jawab ? 2. Tujuan Metode Tanya Jawab ? 3. Bagaiman Alasan Penggunaan Metode Tanya Jawab ? 4. Apa Kekuatan Atau Kelebihan Metode Tanya Jawab ? 5. Apa Kekurangan Metode Tanya Jawab ? 6. Bagaimana Usaha untuk memperkecil Kelemahan Metode Tanya Jawab ? BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Metode Tanya Jawab Metode Tanya jawab adalah penyampaian pesan pengajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban atau sebaliknya siswa diberi kesempatan bertanya dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaa. Metode Tanya jawab adalah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan murid-murid menjawab bahan materi yang diperolehnya. Metode ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung antara guru dan pelajar, bisa dalam bentuk guru bertanya dan pelajar menjawab atau dengan sebaliknya. Metode Tanya jawab dilakukan : 1) Sebagai ulangan pelajran yang telah diberikan. 2) Sebagai selingan dalam pembicaraan. 3) Untuk merangsang anak didik agar perhatiannya tercurah kepada masalah yang sedang dibicarakan. 4) Untuk mengarahkan proses berfikir. B. Tujuan Metode Tanya Jawab Proses Tanya jawab terjadi apabila ada ketidak tahuan atau ketidak fahaman peserta didik akan suatu peristiwa, adapun tujuan dari metode Tanya jawab sebagai berikut: 1) Mengecek dan mengetahui sampai sejauh mana kemampuan anak didik terhadap pelajaran yang dikuasai. 2) Membri kesempatan kepada anak didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang suatu masalah yang belum difahami. 3) Memotivasi dan menimbulkan kompetensi belajar. 4) Melatih anak didik untuk berfikir dan berbicara secara sitematis berdasarkan pemikiran yang orisinil. C. Alasan Penggunaan Metode Tanya Jawab Dalam setiap metode yang ada dalam pembelajaran pasti diperlukan tehnik agar pembelajaran bisa berjalan secara baik, berikut ini berbagai tehnik yang digunakan guru dalam mengajukan pertanyaan : 1) The Mixe Strategy yakni mengkombinasikan berbagai tipe dan jenis pertanyaan. 2) The Speaks Strategy yakni menggunakan pertanyaan yang saling bertalian satu sama lain. 3) The Pleteaus Strategy yakni mengajukan pertanyaan yang sama jenisnya terhadap sejumlah siswa sebelum beralih kepada jenis pertanyaan yang lain. 4) The Inductive Strategy yakni dengan berbagai pertanyaan siswa didorong untuk menarik generalisasi dari hal-hal khusus ke hal-hal yang umum atau berbagai fakta menuju hukum-hukum. 5) The Deductive Strategy yakni Generalisasi yang dijadikan sebagai titik tolak, siswa diharapkan dapat menyatakan pendapatnya tentang berbagai kasus atau data yang ditanyakan. Pertanyaan yang baik memiliki ciri-ciri 1) Pertanyaan hendaknya bersifat mengajak atau merangsang siswa untuk berfikir. 2) Kata-kata yang dipergunakan harus jelas sehingga tidak ada kata atau istilah yang tidak difahami siswa. 3) Pertanyaan itu harus mengandung satu penafsiran. 4) Kalimat pertanyaan hendaknya singkat. 5) Setiap pertanyaan hendaknya mengandung satu masalah. 6) Pertanyaan harus sesuai dengan taraf kecerdasan atau pengalaman siswa. D. Kekuatan Atau Kelebihan Metode Tanya Jawab Suatu metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar sudah barang tentu mempunyai keunggulan dan kekurangan, begitupun dengan metode Tanya jawab. Berikut keunggulan dan kekurangan metode Tanya jawab : a. Keunggulan metode Tanya 1) Kelas akan hidup karena anak didik aktif berfikir dan menyampaikan pikiran melalui berbicara. 2) Beik sekali untuk melatih anak didik agar berani mengemukakan pendapatnya. 3) Akan membawa kelas kedala suasana diskusi. 4) Mudah dan efesien 5) Hemat waktu 6) Membawa suasana kelas menjadi effektif E. Kekurangan Metode Tanya Jawab 1) Apabila terjadi perbedaan pendapat akan memakan waktu untuk menyelesaikannya. 2) Kemungkinan akan terjadi penyimpangan perhatian pelajar terutama apabila jawaban yang kebetulan menarik perhatian tetapi buka sasaran atau materi yang dituju. 3) Dapat menghambat cara berfikir apabila guru kurang pandai dalam penyajian materi. 4) Menimbulkan kejenuhan ketika saling ber argumentasi agak panas. 5) Penggunaan Bahasa modern (Ilmiah) yang tidak up to date F. Usaha untuk memperkecil Kelemahan Metode Tanya Jawab 1) Adanya media bagi siswa yang tunadaksa 2) Adanya Visual Audio 3) Guru harus menggunakan intonasi yang baik 4) Memberikan seasion tanya jawab 5) Adanya bel automatis sehingga siswa bisa mengontrol waktu pelajaran   BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan sebagai berikut : 1) Metode Tanya jawab adalah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan murid menjawab bahan materi yang diperolehnya. Adapun tujuan metode Tanya jawab yakni untuk mengetahui seberapa jauh kefahaman siswa terhadap materi, membri kesempatan siswa bertanya apa yang belum difahami, memotivasi siswa dan melatih anak berfikir berbicara secara sistematis berdasarkan pemikiran yang orisinil. 2) Adapun Alasan Penggunaan Metode Tanya Jawab : a. The Mixe Strategy b. The Speaks Strategy c. The Pleteaus Strategy d. The Inductive Strategy e. The Deductive Strategy 3) Kekuatan atau kelebihan metode Tanya jawab a. Kelas akan menjadi lebih hidup. b. Baik untuk melatih anak didik untuk berani mengemukakan pendapat. c. Akan membawa kelas kesuasana diskusi 4) Kekurangan metode Tanya jawab a. Bila terjadi perbedaan pendapat akan menghabiskan banyak waktu. b. Kemungkinan akan terjadi penyimpangan perhatian pelajar. c. Dapat menghambat cara berfikir. 5) Usaha untuk memperkecil Kelemahan Metode Tanya Jawab 1) Adanya media bagi siswa yang tunadaksa 2) Adanya Visual Audio 3) Guru harus menggunakan intonasi yang baik 4) Memberikan seasion tanya jawab Adanya bel automatis sehingga siswa bisa mengontrol waktu pelajaran B. Saran Alhamdulillah kami dapt menyelesaikan makalah kami, dan kami sadar begitu banyak kekurangan dan kekhilafan kami, oleh karena itu kritik dan saran dari temen-temen dan bapak dosen khususnya kami harapkan semoga makalah ini bermanfaat. Amiin….. DAFTAR PUSTAKA  Usman, Basyiruddin. 2002. Motodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta Selatan : Ciputat Press.  Abu, Ahmadi dan Prasetyo. 2005. SGM Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.  Majid, Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan standar Kompetensi Guru. Bandung : Rosda Karya.  Dradjat, Zakiah Dradjat, dkk. 2004. Metode KhususPengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar